Augmented Reality atau dalam bahasa
Indonesia Realitas Tertambah dan
dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented
reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan
ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu
memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti
realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah
sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
![]() |
Android Augmented Reality Mobile Games |
Teknologi
Augmented Reality sangat cepat sekali berkembang, di Indonesia sendiri telah
banyak aplikasi-aplikasi yang menggunakan teknologi AR. AR merupakan
terobosan di bidang teknologi yang sangat canggih. Karena dengan teknologi
ini, kita dapat membuat segala hal yang abstrak atau virtual bisa kelihatan
nyata.
Teknologi AR dapat
diaplikasikan dalam media sosial. Dengan mengaplikasikan teknologi AR pada media
sosial, maka fitur-fitur dalam media sosial dapat diakses dengan lebih
interaktif dan memiliki nilai tambah hiburan dan informasi, sebagai nilai
tambah dari kekuatan real-time.
Terlebih lagi media sosial saat ini tidak hanya dapat diakses melalui komputer
atau laptop saja, tapi juga dapat diakses melalui telepon genggam maupun
perangkat mobile.
Meskipun
penggunaannya masih minim di dunia global, perkembangan media sosial berbasis
AR di masa depan akan jauh lebih banyak digunakan. Seiring dengan meningkatnya
pengguna media sosial, pasti penggunaan basis teknologi AR pun akan bertambah.
Teknologi AR
sendiri telah dikembangkan dalam berbagai hal, dalam pemanfaatanya teknologi
ini dapat digunakan dalam hal:
- Augmented Reality Interactive Games.
- Augmented Reality Presentation.
- Augmented Reality Event.
- Augmented Reality High Tech Environment.
- Augmented Reality Website.
- Augmented Reality Promotion
Sumber:
- Apakah Augmented Reality itu?. http://augmentedrealityindonesia.com/apakah-augmented-reality-itu/, 14 Oktober 2015.
- 2012. Augmented Reality dan Media Sosial. http://tekno.kompas.com/read/2012/05/15/14224986/augmented.reality.dan.media.sosial, 14 Oktober 2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar